Berita Kukar Terkini

Harapkan Ada 20 Festival Masuk Kalender Nasional, Bupati Kukar Dorong Kegiatan di Kecamatan

Tak hanya Pesta Adat Erau dan TIFAF yang masuk agenda kalender nasional, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah berharap ada 20 festival di w

Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI
Ribuan warga menyaksikan acara kirab budaya sebagai rangkaian acara Tenggarong International Folk Arts Festival (TIFAF) 2022. TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Tak hanya Pesta Adat Erau dan TIFAF yang masuk agenda kalender nasional, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah berharap ada 20 festival di wilayah Kukar bisa masuk kalender Nasional. 

Maka itu Bupati Kukar akan mendorong kegiatan festival budaya juga digelar di tiap kecamatan, sehingga kegiatan tidak hanya terpusat di Kecamatan Tenggarong.

Hal ini bertujuan untuk mengenalkan budaya dan segala potensi yang ada di wilayah Kukar di mata dunia.

Sebelumnya, Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah mendukung penuh pegelaran festival budaya dan kesenian nusantara melalui Tenggarong International Folk Arts Festival atau TIFAF 2022.

Apalagi, pelaksanaan TIFAF selama dua tahun tidak terlaksana karena Covid-19. Ajang ini sebagai bentuk memperkenalkan seni nusantara untuk dunia.

Tarian tradisional persembahan Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura tampil perdana pada pembukaan Tenggarong International Folk Art Festival (TIFAF) 2022. TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Tarian tradisional persembahan Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura tampil perdana pada pembukaan Tenggarong International Folk Art Festival (TIFAF) 2022. TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO (TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO)

Baca juga: Tabuh Gimar, Wagub Hadi Mulyadi Buka Ajang TIFAF 2022 di Kutai Kartanegara

Tahun ini, secara khusus melibatkan seluruh pelaku seni di 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara. Minimal mengirimkan satu perwakilan pada ajang TIFAF 2022.

"Saya mengajak semua pihak mari bersama-sama menyukseskan TIFAF 2022," kata Edi Damansyah, Rabu (20/7/2022).

Menurutnya, kegiatan pergelaran budaya ini merupakan bagian daripada pembinaan sehingga perlu disiapkan fasilitas dan ruangnya.

Pemkab Kukar juga telah menyiapkan program Kukar Kaya Festival dan telah tertuang dalam RPJMD 2021-2026 sebanyak 100 Festival.

Dengan dasar itu, setiap tahun wajib ada 20 festival yang sudah masuk kalender nasional. Edi pun mendorong festival kecamatan supaya bisa juga dilaksanakan.

Baca juga: Tarian Kesultanan Kutai Kartanegara Tampil Perdana pada Pembukaan TIFAF 2022

"Tujuannya untuk melestarikan budaya dan mendorong ekonomi di masyarakat Kukar," imbuhnya.

Edi berharap, TIFAF 2022 bisa memberikan kontribusi positif dan dorongan para pelaku UMKM sebagai promosi dan pemasaran.

"Sehingga nanti ada konektivitas hubungan antara usaha, baik di lokal Kukar maupun regional di beberapa daerah," ucapnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved