Berita Nasional Terkini

Bersama Wagub Kalteng, BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan untuk Ahli Waris

Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kalimantan, Rini Suryani mengatakan pemberian santunan ini merupakan amanat dari Undang-Undang

Penulis: Siti Zubaidah | Editor: Januar Alamijaya
HO/BPJS Ketenagakerjaan
BPJS Ketenagakerjaan bersama Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo, menyerakan santunan kepada ahli waris di Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (11/8/2021) 

TRIBUNKALTIM.CO - Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo secara simbolis menyerahkan santunan BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris almarhum Arif Budiman Nasution, karyawan dari perusahaan PT Persada Sejahtera Agro Makmur dengan total sebesar Rp 1.064.335.170,00 (Satu Milyar Enam Puluh Empat Juta Tiga Ratus Tiga Puluh Lima Ribu Seratus Tujuh Puluh Rupiah)

Penyerahan santunan ini berlangsung di Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Kamis (11/8/2022)

Berdasarkan rilis yang diterima TribunKaltim.co, turut hadir dalam kegiatan ini, yaitu Rini Suryani selaku Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kalimantan, Muhammad Anis F, selaku Asisten Deputi Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Budi Wahyudi selaku Kepala Kantor Cabang Palangka Raya, Yunan Shahada selaku Kepala Kantor Cabang Sampit, Yadi Hadrianto selaku Kepala Kantor Cabang Pangkalan Bun, serta Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalteng Farid Wajdi.

Baca juga: Disaksikan Langsung Komisi IX DPR RI, BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan Kepada Ahli Waris

Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo menyampaikan terima kasih kepada BPJS ketenagakerjaan yang sudah memberikan santunan untuk ahli waris dan membiayai anak almarhum sampai jenjang pendidikan perguruan tinggi.

Pihaknya sangat mendukung Program BPJS Ketenagakerjaan ini, harapan saya kepada Kadisnaker agar perusahaan di Kalimantan Tengah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dan semoga coverage kepesertaan di Kalimantan Tengah meningkat.

"Jaminan sosial ketenagakerjaan ini merupakan tanggung jawab perusahaan terhadap karyawannya. Karena itu kita harapkan perusahaan yang belum mendaftarkan karyawannya BPJS Ketenagakerjaan segera dilakukan," katanya.

Sementara Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kalimantan, Rini Suryani mengatakan pemberian santunan ini merupakan amanat dari Undang-Undang.

"Sesuai amanat UU No. 24 Tahun 2011 BPJS Ketenagakerjaan selaku Badan Penyelenggara Jaminan Sosial wajib memberikan perlindungan terhadap resiko sosial ekonomi yang mungkin dialami oleh tenaga kerja," katanya.

"Hari ini kami bersama Wakil Gubernur Kalteng menyerahkan santunan program JKK, JKM, JHT dan JP serta manfaat beasiswa pendidikan untuk 2 Orang anak ahli waris,” jelasnya.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Kalimantan Perpanjang Kerjasama dengan Kejati Kaltim

Dikatakan, BPJS Ketenagakerjaan memberikan santunan klaim kepada ahli waris, hal ini merupakan bentuk tanggung jawab terhadap perwujudan kesejahteraan para pekerja.

Rini Suryani juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Pusat dan Daerah, serta kesadaran yang tinggi dari perusahaan atau badan usaha dalam mendaftarkan tenaga kerjanya menjadi peserta BPJAMSOSTEK.

Sementara itu Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Palangka Raya Budi Wahyudi menyampaikan, pentingnya pekerja didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Karena risiko entah itu kecelakaan kerja atau kematian pasti ada dan BPJS Ketenagakerjaan akan menjaminnya.

"Seluruh pekerja terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka saat pekerja mengalami risiko kecelakaan kerja hingga kematian, tidak lagi menjadi tanggung jawab perusahaan, karena telah dialihkan ke BPJS Ketenagakerjaan," katanya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved