Berita Nasional Terkini

Karni Ilyas dan Susno Duadji di ILC Kompak Minta pada DPR agar Kompolnas Diperkuat Lagi Wewenangnya

Karni Ilyas dan Susno Duadji di ILC mempertanyakan kewenangan Kompolnas sebagai fungsi dalam mengawas institusi Kepolisian.

Penulis: Justina | Editor: Justina
YouTube Indonesia Lawyers Club
Di ILC, Karni Ilyas dan Susno Duadji blak-blakan soal Kompolnas di hadapan Anggota Komisi III DPR RI, Trimedya Panjaitan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemandu acara Indonesia Lawyers Club (ILC) Karni Ilyas dan Mantan Kabareskrim Komjen Pol (Purn) Susno Duadji kompak usulkan kewenangan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sebagai fungsinya dalam mengawas institusi Polri.

Disampaikan Susno Duadji  kepada bintang tamu ILC termasuk di depan Anggota Komisi DPR RI Trimedya Panjaitan bahwa harusnya Kompolnas diberikan kekuatan dalam fungsi pengawasannya pada Polri.

"Kompolnas ini Pak Trimedya sudah mencatat katanya akan dirubah, gimana pak, pasal tentang Kompolnas kan hanya satu pasal kalau nggak salah ya Pak Karni ya, oh tiga pasal, satu pasal ayat keberapa gitu," kata Susno Duadji dikutip dari kanal YouTube Indonesia Lawyers Club (ILC), Minggu (28/8/2022).

"Jadi perlu pak diberi kekuatan dan Pak Karni tadi sudah menyinggung, selain dia bisa menyelidik, bisa menyidik, kemudian bisa menyidangkan dan bisa menjatuhkan sanksi," sambung Susno Duadji.

Baca juga: Minta DPR Agar Kompolnas Bisa Dibuatkan UU Tersendiri, Susno Duadji di ILC: Kompolnas Seperti Mandul

Selain itu, Susno Duadji mengaku bahwa Polri yang merupakan organisasi besar yang keberadaannya sampai di berbagai pelosok negeri, maka perlu pengawasan yang ekstra.

Oleh karenanya, ia meminta kepada Komisi III DPR RI agar sekiranya juga dibentuk Kompolda.

Apalagi menurutnya, lembaga Kepolisian sangat penting untuk diawasi.

"Saking pentingnya pak, perlu diawasi di daerah yang eksternal untuk itu. Supaya Irwasum dan Propam tidak kebingungan mengawasi polisi Indonesia yang kelakuannya macam-macam. Tapi dengan pengawasan itu, ini memback-up Kapolri supaya bisa memperpaiki polisi Indonesia," tutur Susno Duadji.

Baca juga: Jokowi kepada Karni Ilyas Beber Alasan Perhatian pada Kasus Brigadir J yang Melibatkan Ferdy Sambo

Sementara itu, Karni Ilyas yang merupakan mantan Kompolnas mengatakan bahwa wewenang dari lembaga tersebut tidak ada dalam mengawasi Kepolisian.

Oleh karenanya, ia meminta agar DPR mengatur lagi dalam sebuah Undang-Undang Kepolisian tentang kedudukan Kompolnas sebagai pengawas.

"Kalau perlu lembaga itu ada di semua daerah juga, di Kabupaten kalau perlu ada, supaya Polres-Polres juga ada yang ngawasin, itu kalau saya," ucap Karni Ilyas.

Baca juga: Soal Pengamanan Bharada E di Bareskrim, Susno Duadji di ILC: Kalau Dia Mati, Tanggung Jawab Negara

Dua kali menjabat di Kompolnas, Karni Ilyas tidak memungkiri bahwa Kompolnas selama ini tidak diberikan wewenang untuk memeriksa Kapolres dan Kapolda.

Sebagai tambahan, Kompolnas belakangan menjadi perbincangan publik setelah munculnya kasus Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Briagdir Joshua) yang melibatkan Ferdy Sambo saat menjabat Kadiv Propam.

Simak video selengkapnya:

(TribunKaltim.co/Justina)


IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved