Peringati HKGN Sekaligus BIAN, Dinkes Balikpapan Gelar Sikat Gigi Massal di SDN 003 Balikpapan Kota

Dinke Kota Balikpapan menggelar sikat gigi massal bagi anak PAUD hingga TK dalam rangka memperingati HKGN sekaligus BIAN.

Tribunkaltim.co/Niken Dwi Sitoningrum
Kegiatan dalam rangka HKGN sekaligus BIAN yang digelar di SDN 003 Balikpapan Kota, Senin (12/9/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - Dalam ragka menyambut Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan menggelar sikat gigi massal bagi anak-anak sekolah mulai dari PAUD hingga SD.

Kegiatan sikat gigi massal ini dilaksanakan di SDN 003 Balikpapan Kota.

Tampak hadir Asisten II Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Balikpapan, Agus Budi Prasetyo  mewakili Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud; Kepala Dinkes Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty, Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Balikpapan, serta Bunda PAUD sekaligus Ketua TP PKK Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas’ud. 

"Kegiatan ini dilaksanakan sesuai arahan dari petunjuk pelaksanaan HKGN yang memang jatuh pada hari ini, 12 September 2022," ujar wanita yang menjabat sebagai Kadinkes Kota Balikpapan dan lebih akrab disapa Dio ini.

Baca juga: Cegah Stunting Sejak Dini, Dinkes Balikpapan Beri Edukasi Kesehatan Kepada Calon Pengantin

Kegiatan yang melibatkan sekitar 50 sekolah di Kota Balikpapan ini diikuti sekira 7.400 anak.

"ni melampaui target Kota Balikpapan karena sebenarnya dari Provinsi hanya memberi target kepada kami (Dinkes) hanya sejumlah 3700 anak saja," terangnya.

Peringatan HKGN Tahun 2022 bertajuk "Pulih Bersama dengan Senyum Sehat Indonesia" ini sekaligus dirangkaikan dengan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang akan berakhir besok (13/9/2022).

"Kita ketahui juga besok hari terakhir penyelenggaraan BIAN, jadi hari ini kita sekaligus sweeping bagi yang belum melaksanakan imunisasi, makanya sasarannya juga kita lakukan di sekolah," jelas Dio.

Dia juga menyebutkan bahwa capaian BIAN di Kota Balikpapan per hari ini (12/9/2022) telah mencapai angka 76 persen.

"Mudah-mudahan besok bisa mencapai 80 persen. Target nasional sebenarnya 95 persen tetapi kalau untuk di Kaltim kita sudah cukup tinggi," sebutnya.

Baca juga: Vaksin Booster Menjadi Syarat Untuk Perjalanan, Ini Tanggapan Kepala Dinkes Balikpapan

Adapun kendala yang dialami dalam penyelenggaraan BIAN yang dimulai sejak Juli 2022 lalu ini adalah libur sekolah setelah ujian, kemudian membuat anak-anak ini pergi ke luar kota bersama orang tuanya.

"Kendalanya memang ketika BIAN dimulai itu bertepatan dengan ujian anak sekolah pada Juli lalu, setelah ujian mereka pada dibawa orang tuanya pergi liburan. Sepulang dari liburan itu baru bisa optimal dilakukan,” tukasnya.

"Alhamdulillah, kalaupun kita hanya mencapai 80 persen juga sudah tertinggi di Kaltim ya," tambahnya.

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved