Berita Kukar Terkini

Hari Ini Pilkades Serentak di Kukar, Sekolah dan Kantor Diliburkan, Warga Diimbau Tak Keluar Daerah

Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades Serentak dilangsungkan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) pada hari ini, Rabu (14/9/2022).

Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI
Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah mengeluarkan surat edaran untuk meliburkan sekolah dan perkantoran demi menyukseskan jalannya Pemilihan Kepala desa (Pilkades) serentak di wilayah Kukar yang digelar pada hari ini, Rabu (14/9/2022). TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI 

TRIBUNKALTIM.CO,TENGGARONG - Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades Serentak dilangsungkan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) pada hari ini, Rabu (14/9/2022).

Demi menyukseskan pesta demokrasi di tingkat desa ini, Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah meliburkan sekolah dan perkantoran dengan mengeluarkan surat edaran.

Melalui surat edaran itu pula, warga desa diimbau tak keluar daerah dan menggunakan hak pilih mereka.

Seperti diketahui, Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades serentak, Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah mengeluarkan surat edaran (SE).

SE bernomor B- 2337/DPMD/II.I/065.II/08/2022 itu menetapkan hari libur pada pemungutan suara pemilihan kepala desa serentak tahun 2022.

Baca juga: Masa Kampanye Pilkades 2022 di Kukar Berakhir, Calon Kades Diminta Jaga Kondusifitas

Surat edaran itu yang menyatakan bahwa seluruh kegiatan perkantoran dan belajar mengajar di sekolah pada Rabu (14/9/2022) hari ini, diliburkan seiring dengan pelaksanaan Pilkades Serentak.

Edi Damansyah mengatakan, surat edaran tersebut dibuat untuk menyukseskan Pilkades serentak di Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Bagi desa yang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa Serentak tahun 2022 pada saat pemungutan pada hari tersebut diliburkan,” ujar Edi Damanysyah dalam surat edarannya, Selasa (13/9/2022).

Menurutnya, ada enam poin penting yang ditulis oleh surat edaran tersebut, yakni menetapkan 14 September 2022 sebagai hari libur bagi desa yang melaksanakan pemilihan.

Kedua, aturan tersebut berlaku bagi Instansi atau Lembaga Pemerintah/Lembaga Pemerintah Daerah/Pemerintah Desa dan juga Sekolah.

Ketiga, bagi perusahaan yang karyawannya berdomisili di desa yang sedang melaksanakan pemungutan suara, diminta agar diberikan izin agar bisa menggunakan hak pilihnya.

Baca juga: Arianto Berharap Pilkades Serentak 2022 di Kukar Berjalan Lancar dan Kondusif

Keempat, bagi perusahaan yang karyawannya berdomisili di desa yang sedang menggelar pemungutan suara, agar difasilitasi untuk menggunakan hak pilihnya di TPS yang sudah ditentukan.

Kelima, bagi Instansi atau Lembaga Pemerintah yang pegawainya berdomisili di desa yang menggelar Pilkades, maka diminta untuk memberi izin agar bisa menggunakan hak pilihnya.

"Terakhir saya mengimbau kepada warga desa untuk tidak bepergian keluar desa atau daerah agar dapat menggunakan hak pilihnya," kata Edi Damansyah.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved