Berita Kukar Terkini

DPMD Kukar Butuh 281 Tenaga Pendamping Desa, Ini Syarat dan Kualifikasi Khusus Pendekar Idaman

DPMD Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), membuka rekrutmen tenaga pendamping desa ‘Pendekar Idaman’ Tahun 2022.

TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Arianto.TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI 

TRIBUNKALTIM.CO,TENGGARONG- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), membuka rekrutmen tenaga pendamping desa ‘Pendekar Idaman’ Tahun 2022.

Pengumuman rekrutmen tersebut tertuang dalam Surat Pengumuman Nomor: B.3889/DPMD.V.3/065.13/9/2022 tertanggal 15 September 2022.

Kepala Dinas PMD Arianto, mengatakan, perekrutan Pendekar Idaman untuk membantu teknis pelaksanaan tugas dan fungsi Tugas Pendamping di Desa maupun Kelurahan.

Adapun tenaga pendamping yang dibutuhkan yakni, Tenaga Ahli sebanyak 4 orang, Pendamping Desa Kelurahan sebanyak 40 orang dan Pendamping Lokal Desa, kelurahan (PLD-PLK) sebanyak 237 orang.

Baca juga: Menteri Tenaga Kerja Beri BSU dan 50 Paket Sembako ke Pendamping Desa di Loa Duri Ilir Kukar

Baca juga: Sepekan Inpres Terbit, 34 Ribu Pendamping Desa Terdaftar Program Jamsostek

Baca juga: Poltekba dan Kemenparekraf RI Gelar Bimtek Pendamping Desa Wisata Regional Kalimantan Timur

"Sistem masa kerjanya, sudah diamanatkan di RPJMD 2021-2026, seyogyanya harus dijalankan selama periode pemerintahan Pak Bupati," ujarnya, Rabu (21/9/2022).

Adapun persyaratannya rekrutmen tenaga ahli maupun pendamping desa profesional yakni menyiapkan KTP Kutai Kartanegara.

Daftar riwayat hidup, foto copy ijazah, foto copy sertifikat, piagam penghargaan, pas foto ukuran 4×6 (2 lembar). Pendaftaran Pendekar Idaman dimulai pada 19-30 September 2022.

Pendaftaran bisa dilakukan secara online pada laman website: pendekaridaman.com. Atau, mendatangi langsung kantor DPMD pada jam kerja.

"Untuk syaratnya berbeda-beda. Diutamakan pendidikan, pengalaman bekerja, dan pengetahuan tentang desa. Ini bagian yang kita incar untuk mendapatkan SDM yang tepat," kata Arianto.

Selanjutny, untuk proses seleksi tes tertulis akan dilaksanakan pada 13 Oktober 2022. Wawancara bagi yang lolos seleksi pada tanggal 24 s/d 28 Oktober 2022 dan pengumuman 4 November 2022.

Berikut Kualifikasi Khusus Pendamping Lokal Desa/Kelurahan (PLD/K) / Bertugas di Desa / Kelurahan:

1. Pendidikan minimal Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau sederajat;

2. Memiliki pengalaman kegiatan Pembangunan Desa/Kelurahan dan/atau pemberdayaan masyarakat minimal 2 (dua) tahun;

3. Diutamakan yang pernah bekerja dan mengabdi pada pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai tenaga honorer / Tenaga Harian Lepas (THL) atau memiliki pengalaman sebagai KPMD/K dengan tetap memenuhi kualifikasi lainnya;

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved