Berita Mahulu Terkini

Polres Mahakam Ulu Segera Dibentuk Tahun Ini, Kapolda Kaltim Tinjau Mahulu Dalam Waktu Dekat

Polres Mahakam Ulu (Mahulu) segera dibentuk guna meningkatkan situasi dan kondisi Kamtibmas di wilayah tersebut.

Penulis: Febriawan | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/FEBRIAWAN
Kapolres Kutai Barat AKBP Heri Rusyaman menjelaskan rencana pembangunan Polres Mahakam Ulu yang akan dibangun di atas tanah seluas 400 x 500 meter. (TRIBUNKALTIM.CO/FEBRIAWAN) 

TRIBUNKALTIM.CO, UJOH BILANG - Polres Mahakam Ulu (Mahulu) segera dibentuk guna meningkatkan situasi dan kondisi Kamtibmas di wilayah tersebut.

Dimana Mahakam Ulu sendiri merupakan Kabupaten paling ujung Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia sehingga sistem keaman sangat perlu ditingkatkan.

Kapolres Kutai Barat, AKBP Heri Rusyaman, Rabu (21/9/2022) mengatakan untuk sementara Polres Mahakam Ulu nantinya akan menggunakan gedung bekas Puskesmas yang berada di wilayah Ujoh Bilang sebagai Markas sementara Polres Mahakam Ulu. 

Baca juga: 4 Fakta Soal Kasus Suami Bakar Istri di Kota Balikpapan

"Rencana pembentukan Polres Mahakam Ulu sesuai dengan surat keputusan  Menpan RB No.P802/8 Agustus 2022 serta keputusan Kapolri nomor Kep.1140/ 30 Agustus 2020 bahwa Polres Kubar yang dulunya membawahi dua wilayah Kabupaten Kubar dan Mahulu dengan berdasarkan surat keputusan Menpan RB dan keputusan Kapolri bahwa Polres Mahakam Ulu sesuai dengan rencana pengembangan wilayah telah disetujui dan akan dibentuk Polres secara resmi di Mahakam ulu yaitu dengan nama Polres di Mahakam Ulu,. Dan dipaatikan tahun ini Polres Mahulu akan terbentuk," ujar Kapolres Kubar, " Rabu (21/9).

Dia menyebutkan, saat ini pihaknya terus membangun komunikasi dan koordinasi yang intens dengan pemerintah Kabupaten Mahulu guna memastikan kelancaran pembentukan Polres dengan menyiapkan sarana bangunan gedung.

"Untuk kesiapan Polres beberapa kita sudah kita koordinasi dengan Pemda Mahakam Ulu sementara untuk Kantor sementara kita menggunakan gedung Puskesmas yang sudah tidak dipake oleh Pemda Mahakam Ulu itu akan digunakan untuk sementara sebagai persiapan Polres Mahakam Ulu," ujarnya. 

Baca juga: Ada Gambar Pulau Derawan Kabupaten Berau di Pecahan Uang Rp 20 Ribu yang Baru Emisi 2022

Terkait kesiapan personil, Heri Rusyaman mengatakan beberapa akan diambil dari empat Polsek jajaran yang ada di wilayah Mahakam Ulu, Sementara untuk pejabat utama Polres Mahulu nantinya akan diambil dari Polda Kalimantan Timur. 

"Untuk personilnya kita sementara mungkin personil yang ada di Mahakam Ulu yang terdiri dari empat Polsek mungkin akan ditambah personil penempatan langsung dari Polda sebagai personil yang akan ditempatkan di perbatasan," ujarnya. 

Dia juga menyebutkan saat ini Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu telah menyediakan lahan seluas 400 x 500 meter sebagai lokasi pembangunan Markas Polres Mahulu

Lahan tersebut kata dia berlokasi di pusat Ibukota Mahalu yakni di kawasan Ujoh Bilang yang rencananya juga akan berdekatan dengan bangunan Kejari dan Pengadilan. 

"Rencananya Kapolda akan melalukan kunjungan kerja di Polres Kubar sekaligus melihat kesiapan pembangunan Polres Mahakam Ulu terkait kesiapannya, kondisi lokasi dan lahan yang akan di bangun. Berlokasi di Ujoh Bilang kurang lebih 400 x 500 meter untuk wilayah tanah yang akan disiapkan Pemda Mahakam Ulu. Terkait kelengkapan personilnya dan pejabatnya itu merupakan kewenangan dari Polda," pungkasnya. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved