Berita Nasional Terkini

Galian Tambang Emas Longsor, 6 Warga di Kotabaru Kalsel Tewas

Enam warga di Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan meninggal dunia usai galian tambang emas di Desa Buluh Kuning

Editor: Samir Paturusi
THINKSTOCK
Ilustrasi-Enam warga di Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan meninggal dunia usai galian tambang emas di Desa Buluh Kuning, Kecamatan Sei Durian longsor pada Senin (26/9) pukul 19.00 WIB. 

TRIBUNKALTIM.CO- Enam warga di Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan meninggal dunia usai galian tambang emas di Desa Buluh Kuning, Kecamatan Sei Durian longsor pada Senin (26/9) pukul 19.00 WIB.

Data yang diterima Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB per Kamis (29/9), menyebutkan 5 orang masih dalam pencarian, dan 6 orang lainnya dilaporkan luka-luka. Tidak ada laporan kerugian materil akibat kejadian ini.

Hingga siaran pers ini dikeluarkan tim gabungan yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotabaru, Badan SAR, TNI/Polri, dan relawan masih melakukan pendataan korban maupun kerugian yang mungkin timbul.

Pencarian korban yang hilang juga masih berlangsung.

Baca juga: Waspada, BPBD Balikpapan Temukan 3 Titik Baru Rawan Longsor

Baca juga: Pemkot Samarinda Siapkan Mitigasi Bencana Dalam Rangka Tanggulangi Banjir dan Longsor

Baca juga: Akses ke Krayan Selatan Nunukan Tertutup Akibat Longsor, BPBD Tetapkan Tanggap Darurat

"Rencananya alat berat akan diturunkan dan dioperasikan mulai Jumat (30/9) untuk mendukung proses pencarian," kata Abdul Muhari, Ph.D., Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Kamis (29/9/2022).

Sebagai antisipasi dan mencegah terjadinya bencana susulan, maka Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau kepada pemangku kebijakan di daerah bersama masyarakat dapat melakukan segala upaya yang merujuk pada mitigasi dan peningkatan kesiapsiagaan.

Masyarakat yang tinggal di sekitar lereng tebing dan bantaran sungai agar lebih meningkatkan kewaspadaan.

Baca juga: Banjir dan Longsor di Samarinda, Polisi Bantu Evakuasi dan Beri Makan Warga

Apabila terjadi hujan dalam durasi lebih dari satu jam, maka masyarakat yang tinggal di bantaran sungai atau di lereng gunung maupun tebing agar mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk sementara waktu. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul 6 Orang Tewas Tertimbun Longsor di Kabupaten Kotabaru, Alat Berat akan Diturunkan, https://www.tribunnews.com/regional/2022/09/29/6-orang-tewas-tertimbun-longsor-di-kabupaten-kotabaru-alat-berat-akan-diturunkan.

 

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved