Gelar Pasar Rakyat dan Bazaar UMKM, Staf Khusus Menteri BUMN Apresiasi Peran PKT bagi Masyarakat

Pupuk Kaltim dan Pupuk Indonesia menggelar Pasar Rakyat dan Bazaar UMKM BUMN. Kegiatan dihadiri Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Pupuk Kaltim
Pasar Rakyat dan Bazaar UMKM BUMN yang digelar PT Pupuk Kalimantan Timur bersama PT Pupuk Indonesia Persero di halaman parkir Stadion Segiri Kota Samarinda, Kamis (6/10/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - Tingkatkan kontribusi terhadap pengembangan pelaku UMKM sekaligus fasilitasi masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) bersama PT Pupuk Indonesia Persero menggelar Pasar Rakyat dan Bazaar UMKM BUMN di halaman parkir Stadion Segiri Kota Samarinda, Kamis (6/10/2022).

Kegiatan ini turut dihadiri Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga, perwakilan BUMN se-Kaltim bersama Yayasan BUMN, serta stakeholder terkait lainnya.

Pada kesempatan itu, Yayasan BUMN turut menyalurkan bantuan perangkat kesehatan kepada Pemkot Samarinda berupa satu unit ventilator, satu unit oksigen consentrator dan 1.200 masker.

Baca juga: Launching Ruang Literasi Digital dan Edu BP, PKT Dorong Budaya Literasi Masyarakat di Kota Bontang

SVP SBU JPP Pupuk Kaltim Muhammad Erriza, mengungkapkan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan bagi masyarakat sesuai arahan Kementerian BUMN, untuk berperan aktif sebagai agen pembangunan melalui kontribusi nyata di bidang sosial kemasyarakatan.

Hal ini pun sejalan dengan implementasi TJSL Pupuk Kaltim, yang difokuskan kepada tiga sektor utama yakni pendidikan, lingkungan dan pengembangan UMKM.

"Kegiatan ini memfasilitasi lebih dari 50 UMKM binaan BUMN di Kalimantan Timur, dan sebagian besar di antaranya merupakan binaan Pupuk Kaltim. Sedangkan untuk Pasar Rakyat, disalurkan sebanyak 4.000 paket sembako murah bagi warga Kota Samarinda," kata Erriza.

Untuk Pasar Rakyat, masyarakat bisa mendapatkan bahan pokok senilai Rp 90 ribu dengan harga beli Rp 55 ribu.

Tiap paket berisi 5 kilogram (kg) beras, 1 kg gula pasir, dan 1 liter minyak goreng.

Sementara Bazaar UMKM dihadirkan sebagai sarana promosi dan penjualan bagi UMKM binaan, sehingga ragam produk dari berbagai sektor usaha makin dikenal luas untuk mendorong pengembangan potensi pasar dan daya saing pelaku usaha.

Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat lebih terbantu mendapatkan bahan pokok dengan harga terjangkau di tengah kondisi naiknya harga komoditas di pasaran.

Begitu pula UMKM binaan yang difasilitasi selama kegiatan, dapat semakin berdaya dalam mendorong terwujudnya kemandirian masyarakat.

"Pupuk Kaltim akan terus berkomitmen dalam mendorong UMKM yang lebih berdaya, sekaligus meningkatkan manfaat bagi masyarakat melalui realisasi program yang lebih tepat sasaran," tambah Erriza.

Baca juga: Peduli Pelestarian Budaya, Dirut PKT Terima Gelar Kebangsawanan dari Kesultanan Kutai Kartanegara

Staf Khusus Kementerian BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, program Pasar Rakyat dan Bazaar UMKM ini sejalan dengan upaya pemerintah khususnya Kementerian BUMN, agar badan usaha senantiasa berperan dalam mengatasi kesenjangan sosial sekaligus mendorong kesejahteraan masyarakat.

Terlebih pandemi Covid-19 dua tahun terakhir berimbas ke berbagai sektor, sehingga BUMN bersama anak usaha didorong mengambil peran strategis untuk memberi manfaat melalui kolaborasi aktif di berbagai bidang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved