Berita Berau Terkini

Tingkatkan Sinergitas dalam Penanganan Bencana, BPBD Berau Gelar Inhouse Training

Basarnas, TNI, Polri serta PMI terlibat dalam inhouse training sinergitas pentahelix penanggulangan bencana yang digelar oleh BPBD Berau.

HO/BPBD Berau
Basarnas, TNI, Polri serta PMI saat terlibat dalam inhouse training sinergitas pentahelix penanggulangan bencana yang digelar oleh BPBD Berau. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB – Sejumlah pihak seperti Basarnas, TNI dan Polri serta Palang Merah Indonesia (PMI) terlibat dalam inhouse training sinergitas pentahelix penanggulangan bencana yang digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau.

Sekretaris BPBD Berau, Yusuf Gunawan menuturkan, kegiatan ini digelar dalam rangka meningkatkan sinergitas dalam masalah penanganan bencana di Bumi Batiwakkal.

Hal ini mengingat menghadapi bencana tidak bisa hanya satu atau dua pihak saja, namun harus melibatkan semua stakeholder.

"Iya melibatkan semua lini pastinya, mulai dari penanganan hingga pemulihan. Dan yang terpenting pemulihan trauma para korban ini," jelasnya kepada Tribunkaltim.co, Kamis (1/11/2022).

Baca juga: Bantu Warga Terdampak Gempa Cianjur, Berau Coal-Sinar Mas Peduli Salurkan Bantuan Logistik

Dijelaskan Yusuf, dalam menghadapi bencana alam, tentunya andil semua sektor sangat dibutuhkan dengan perannya masing-masing.

Selama ini sudah berjalan memang tapi belum terkonsep secara rapi.

"Dengan adanya kegiatan ini, tentu kita berharap agar sinegritas yang sudah terjadi bisa semakin ditingkatkan," katanya.

Pada kesempatan yang sama, pihaknya juga meresmikan posko bersama relawan penanggulangan bencana.

Posko tersebut nantinya akan dijadikan mabes bagi para relawan maupun media dalam menghimpun informasi.

"Iya, benar, untuk media. Kami bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Berau," tuturnya.

Baca juga: Bandara Kalimarau Berau Akan Layani Penerbangan Citilink Mulai 6 Desember 2022

Dengan adanya posko ini, diharapkan sinergitas antara relawan dan media bisa terjalin dengan baik karena semua saling membutuhkan, baik relawan maupun media.

Dengan adanya informasi satu pintu yang dipimpin oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (BPBD) Berau, Nofian Hidayat, tentu akan mempermudah media dalam mencari informasi.

"Kami akan selalu update, informasi apapun itu," tutupnya. (*)

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved