Home »

News

» Etam

Edisi Cetak Tribun Kaltim

Siapa yang Akan Diusung PDIP dalam Pilgub Kaltim? Sudah Masuk Kantong Megawati, Prediksinya. . .

Disinggung siapa kandidat bakal cagub Kaltim 2018 yang akan diusung partai, adalah hak prerogratif Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Siapa yang Akan Diusung PDIP dalam Pilgub Kaltim? Sudah Masuk Kantong Megawati, Prediksinya. . .
KOMPAS.com/Andi Hartik
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat menghadiri peresmian Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Minggu (10/9/2017) 
TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - DPD PDI Perjuangan hingga kini belum memunculkan nama kandidat yang bakal diusung di pemilihan gubernur Kaltim periode 2018‑2023.
Dalam waktu dekat, Partai Berlambang Kepala Banteng bakal mengumumkan rekomendasi kandidat yang akan diusung maju di Pilgub Kaltim.
Beberapa nama yang muncul sekitar 9 kandidat yang melamar ke DPD PDI‑P Kaltim, antara lain,
  1. Izederick Emir Moeis,
  2. Zuhdi Yahya,
  3. Awang Ferdian Hidayat,
  4. Siswadi,
  5. Rusmadi Wongso,
  6. Rita Widyasari,
  7. Syaharie Jaang, dan
  8. Isran Noor serta
  9. Kapolda Irjen Pol Safaruddin.
Wakil Ketua Bidang Infokom, Agitasi dan Propaganda DPD PDIP Kaltim, Agus Salim mengatakan, dalam kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) DPP PDIP 16‑17 Desember 2017 di BSD Banten, bakal disampaikan rekomendasi Pilgub se Indonesia.
"Dalam acara ini juga akan disampaikan rekomendasi Pilgub secara serentak se Indonesia. Jadi ada agenda deklarasi Pilgub di tengah‑tengah acara Rakornas," kata Agus Salim.
Ia menambahkan, acara Rakornas DPP PDIP membahas soal sinergitas 3 pilar partai (pengurus partai, eksekutif partai dan legislatif partai) dalam hal program pembangunan.

Baca: Pembukaan Munaslub Partai Golkar, Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadir

Baca: Kaesang Luncurkan Aplikasi Mandhang.id, Bakal Bisa Memajukan Bisnis UKM?

Baca: Taqy Malik Masih Pasang Namanya, Salmafina Geram, Katanya Sudah Diceraikan

"Untuk DPD PDIP Kaltim, sebagai peserta Rakornas mengirimkan pameran berupa kerajinan khas Kaltim kain ulapdoyo dari Kabupaten Kubar," tambahnya.
Disinggung siapa kandidat bakal cagub Kaltim 2018 yang akan diusung partai, adalah hak prerogratif Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri.
"Soal nama tidak ada seorangpun pengurus DPD yang tahu.
Karena sudah masuk kantongnya Ketua Umum (Megawati). Itu hak prerogratifnya beliau," ungkapnya. 
Hanya saja, menurut prediksi Agus, kemungkinan tetap mengusung kader internal yang berpasangan dengan calon potensial dari figur ekternal. 
"Itu prediksi saya pribadi. Mungkin Pak Kapolda (Safaruddin) atau mungkin juga Pak Rusmadi," ucap Agus sambil memperkirakan kandidat yang bakal diusung maju di Pilgub.
Sementara, figur Syaharie Jaang yang disebut‑sebut leading dari berbagai hasil survei, kabarnya mendapat dukungan tambahan partai.
Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dikabarkan menerima calon gubernur (Cagub) Kaltim Syaharie Jaang.
Foto yang beredar di media sosial, Jaang berfoto bersama dengan Ketua DPP Partai Nasdem, Surya Paloh.
Dikonfirmasi Tribun, terkait pertemuan tersebut, kader Nasdem Kaltim belum bisa memberikan komentar.
"Memang banyak foto Pak Jaang dengan Pak Ketum Surya Paloh beredar. Tapi saya belum dapat penjelasan dari Ketua saya (Harbiansyah Hanafiah).
Tunggu saya mendapat penjelasannya," kata Saefuddin Zuhri, yang menjabat Bendahara Partai Nasdem Kaltim, di ruang Komisi III DPRD Kaltim, Jalan Teuku Umar, Samarinda, Kamis (14/12/2017).
(*)
Penulis: Budhi Hartono
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help