Pemerintah Coret 14 Proyek Strategis, Ternyata Termasuk Proyek Kereta Api di Kaltim

Pemerintah telah melakukan evaluasi terhadap Proyek Strategis Nasional (PSN) di kuartal I-2018.

Pemerintah Coret 14 Proyek Strategis, Ternyata Termasuk Proyek Kereta Api di Kaltim
tribunkaltim.co/anjas pratama
Wujud rel kereta api yang digroundbreaking hari ini, Kamis (1/12/2016) di kawasan Maloy, Kutim. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Pemerintah telah melakukan evaluasi terhadap Proyek Strategis Nasional (PSN) di kuartal I-2018. Hasilnya, Pemerintah akan mengeluarkan 14 proyek dari daftar PSN 245 proyek.

Ke-14 proyek tersebut di antaranya adalah kereta api Jambi-Palembang, kereta api Kalimantan Timur, sistem penyediaan air minum regional di Sumatera Utara, Bendungan Pesolika di Sulawesi tenggara, dan Kawasan Ekonomi Khusus Merauke.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, alasan pengeluaran tersebut lantaran pembangunan fisik dari proyek tersebut belum bisa dilakukan di kuartal III-2019. Hal tersebut pun telah ia lakukan setelah melakukan koordinasi dengan kementerian terkait.

Baca: Kebijakan Jokowi Tidak Pro Rakyat, Survei Ganti Presiden Meningkat

"Kenapa di Kuartal III-2019? Ya karena sudah pemerintahan baru," jelas Darmin di Kantor Presiden, Senin (16/4). Dirinya pun mengkalkulasi nilai proyek dari 14 proyek yang dikeluarkan itu sebesar Rp 264 triliun.

Sehingga, kata Darmin, PSN yang saat ini difokuskan oleh pemerintah sebanyak 222 proyek dan tiga program. Jumlah tersebut sudah termasuk penambahan satu program PSN di tahun ini proyek pembangunan Universitas Islam Internasional yang merupakan usulan dari Kementerian Agama.

Serta penambahan satu program PSN yakni program pemerataan ekonomi yang di dalamnya ada mengenai sertifikasi, perhutanan sosial, reformasi agraria, dan peremajaan perkebunan rakyat.

Adapun 222 proyek tersebut terdiri dari 69 proyek jalan, 51 proyek bendungan, serta kawasan Kek, ada Kawasan Industri ada kawasan pariwisata strategis nasional itu 29 proyek.

Baca: Pemprov Kaltim Gelar Musrenbang, Ini Pesen Gubernur Awang buat Gubernur Terpilih

Ada juga untuk kereta api sebanyak 16 proyek, ada energi 11 proyek, ada Pelabuhan 10 proyek, air bersih dan sanitasi 8 proyek, bandara 6 proyek, irigasi 6 proyek.

Serta smelter 6 proyek, teknologi empat proyek, perumahan tiga proyek, pertanian kelautan satu proyek, tanggul laut satu proyek, pendidikan satu proyek, pesawat terbang satu program, agraria dan Kehutanan satu program. "Estimasi nilai investasinya lebih dari Rp 4.100 triliun," kata Darmin.

Sekadar tahu saja, berdasarkan UU No. 58/2017 pemerintah memiliki 245 proyek dan dua program. Sementara di tahun lalu ada 10 PSN yang telah rampung.

Baca: Pendapatan Daerah Kaltim Turun, Hetifah Sarankan Perjuangkan DBH Pengolah Migas

Sehingga, jika dihitung di kuartal I-2018 ada 14 proyek yang dikeluarkan dan penambahan satu proyek dan satu program lagi. Maka saat ini, PSN yang tersisa berjumlah 222 proyek dan tiga PSN. (kontan)

Editor: Sumarsono
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help