Virus Corona di Kukar

ODP Asal Makassar yang Kabur dari Wisma Atlet Aji Imbut Tenggarong Ditemukan, Kembali ke Wisma Atlet

Pria berinisial JM warga Makassar yang sempat dikarantina di Wisma Atlet Aji Imbut Tenggarong kemudian kabur akhirnya kembali lagi ke wisma atlet

HO/IST
JM seorang pasien ODP asal Sulsel yang Kabur dari Wisma Atlet Aji Imbut Tenggarong, Kamis (9/4/2020) dini hari akhirnya diamankan dan dikarantina oleh pihak berwajib. Saat ini JM dikarantina terlebih dahulu. Polisi masih memeriksa apakah pria ini melanggar UU tentang kekarantinaan kesehatan atau tidak. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Pria berinisial JM warga Makassar yang sempat dikarantina di Wisma Atlet Aji Imbut Tenggarong Kukar kemudian kabur akhirnya kembali lagi ke wisma atlet.

Hal tersebut diutarakan oleh Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Andrias Susanto Nugroho melalui aplikasi Zoom, Kamis (9/4/2020). Dari penuturan Andrias Susanto Nugroho JM ini sudah berada di Samarinda untuk naik kapal menuju Makassar.

Karena dirinya tahu kalau pelabuhan dijaga ketat akhirnya dirinya pun memutuskan kembali ke Tenggarong. Ia pun menghubungi salah satu perawat yang ia kenal ketika merawat dirinya selama karantina di Tenggarong.

Akhirnya JM dibawa kembali ke Wisma Atlet Aji Imbut Tenggarong. "Pria ini ditangkap di wilayah Sungai Pinang," tuturnya.

Saat ini JM dikarantina terlebih dahulu. Untuk persoalan dirinya terkena hukum karena melanggar UU Kekarantinaan Kesehatan Masih dibahas lagi.

"Belum bisa melakukan pemeriksaan yang bersangkutan kita masukkan ke asrama atlet dilakukan pembersihan badan, penyemprotan dan sebagainya (steril kan)," ujar Andrias Susanto Nugroho.

Satu Orang Dalam Pemantauan Melarikan Diri Dari Wisma Atlet Kukar, Terancam Hukuman 1 Tahun Penjara

Pasien ODP Asal Makassar Kabur Saat Dikarantina di Wisma Atlet Kukar, Sempat Kena Tifus

Status Siaga Darurat Pandemi Corona Diperpanjang, Pemkab Kukar Minta Masyarakat Tidak Panik

Motif dirinya kabur bukan karena tidak betah dikarantina. Ia hanya ingin pulang kembali ke kampung halamannya di Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan. Saat ini polisi maupun Satpol PP menjaga ketat wisma atlet. Tujuannya agar para pasien ODP, maupun PDP yang dikarantina di sana tidak dapat kabur seperti yang dilakukan JM. "Pasti tetapi garda terdepan Paramedis ya kita jaga di luar ya," pungkasnya.

Sebelumnya Warga Kutai Kartanegara ( Kukar ) sempat digegerkan dengan adanya pasien berstatus Orang Dalam Pemantauan ( ODP ) yang dirawat di wisma atlet Aji Imbut Tenggarong Seberang, Kamis (9/4/2020) pagi. Hal tersebut dibenarkan oleh kepala Dinas Kesehatan Dr. Martina Yulianti dalam jumpa pers Kamis Siang.

Dari penuturan Martina Yulianti pasien ini sempat dirawat di salah satu rumah sakit di kota Makassar beberapa waktu lalu. Pasien tersebut memiliki gejala Tipes dan menjalankan rawat rumah.

Selama dirawat di rumahnya di Makassar, pasien tersebut mendapat penawaran kerja sebagai anak buah kapal (ABK) di salah satu kapal Batubara. Rute kapal tersebut berada di wilayah sungai Mahakam. Namun ketika berada di perairan Sangasanga pasien ini memiliki gejala batuk berat.

Status Siaga Darurat Diperpanjang, Pemkab Kukar Minta Warga Tak Panik Wabah Virus Corona

Bersiaplah jadi Relawan! DKK Samarinda Antisipasi Hal Terburuk Pandemi Covid-19

Virus Corona Masih Mewabah, Kemenag Kukar Harap Masyarakat Tidak Dulu Sholat Jumat

Halaman
12
Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved