Breaking News:

Pengadaan Mobil Dinas KPK Dikritik, untuk Ketua Harga Rp 1,4 M, Daftarnya, ICW: Kesederhanaan Pudar

Pengadaan mobil dinas untuk KPK menuai kritik, untuk Ketua harga Rp 1,4 M, ini daftar lengkap untuk lainnya, ICW: kesederhanaan pudar

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua KPK, Firli Bahuri. Pengadaan mobil dinas untuk KPK menuai kritik, untuk Ketua harga Rp 1,4 M, ini daftar lengkap untuk lainnya, ICW: kesederhanaan pudar 

TRIBUNKALTIM.CO - Pengadaan mobil dinas untuk KPK menuai kritik, untuk Ketua harga Rp 1,4 M, ini daftar lengkap untuk lainnya, ICW: kesederhanaan pudar

Adanya anggaran untuk pembelian mobil dinas Pimpinan, Dewan Pengawas, dan pejabat KPK senilai Rp 8,9 miliar di 2021 menuai kritik publik.

Misalnya untuk Ketua KPK harga Rp 1,4 M, simak daftar lengkap untuk lainnya termasuk Dewas KPK, Indonesia Corruption Watch menilai kesederhanaan pudar. 

Meski selama ini tidak memiliki mobil dinas, namun Pimpinan KPK sebenarnya sudah mendapat tunjangan transportasi.

Selain gaji pokok, pimpinan KPK memang mendapat berbagai tunjangan, salah satunya tunjangan transportasi.

Merujuk Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2015, tunjangan transportasi bagi pimpinan KPK mencapai hampir Rp 30 juta per bulannya yang diberikan tunai.

Rinciannya, Ketua KPK mendapatkan tunjangan transportasi tiap bulannya senilai Rp 29.546.000. Sementara Wakil Ketua KPK mendapatkan Rp 27.330.000 tiap bulannya.

Meski menuai kritik, pengadaan mobil dinas untuk Dewas, pimpinan, serta pejabat KPK ternyata sudah masuk dalam anggaran tahun 2021.

KPK bahkan sudah berkoordinasi dengan pihak terkait dalam pengadaannya.

"Dalam anggaran KPK tahun 2021 benar ada sejumlah anggaran untuk pengadaan kendaraan dinas jabatan baik itu untuk pimpinan KPK, pejabat struktural, dewas, dan kendaraan antar jemput pegawai KPK.

Di mana anggaran tersebut telah disetujui DPR," ujar Plt juru bicara KPK Ali Fikri dalam pernyataan persnya, Jumat (16/10/2020).

Halaman
1234
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved