Breaking News:

Berita Pemprov Kalimantan Timur

Berkat Koordinasi Intensif, Tahun Ini Kaltim Dapat Alokasi BPUM Rp 235 Miliar

Kerja keras Gubernur Kaltim H Isran Noor dan Wakil Gubernur H Hadi Mulyadi pada masa pandemi Covid-19 membuahkan hasil sangat menggembirakan.

Editor: Diah Anggraeni
Humasprov Kaltim/Arif M
Gubernur Kaltim Isran Noor. Berkat koordinasi intensif yang dilakukan, tahun ini Kaltim mendapatkan alokasi Bantuan Presiden Produktif Untuk Usaha Mikro sebesar Rp 235 miliar yang akan disalurkan kepada 195.001 UMKM. 

TRIBUNKALTIM.CO - Kerja keras Gubernur Kaltim H Isran Noor dan Wakil Gubernur H Hadi Mulyadi pada masa pandemi Covid-19 membuahkan hasil sangat menggembirakan.

Bukan hanya sukses melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19, tapi juga sukses dalam kerja-kerja pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Berkat koordinasi intensif yang dilakukan, tahun ini Kaltim mendapatkan alokasi Bantuan Presiden Produktif Untuk Usaha Mikro (BPUM) sebesar Rp 235 miliar yang akan disalurkan kepada 195.001 UMKM.

Baca juga: Gambarkan Persatuan dan Kesatuan, Bhinneka Tunggal Ika Tangkal Radikalisme

BPUM merupakan bantuan Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Koperasi dan UKM agar kinerja para pelaku UMKM tetap eksis di tengah gempuran pandemi Covid-19.

"Syukur, alhamdulilah, berkat perjuangan Pak Gubernur kita mendapatkan alokasi BPUM sebanyak 195 ribu UMKM dengan total nominal Rp 235 miliar. Angka yang sangat besar jika harus dibebankan ke APBD. Alhamdulillah, kita bisa mendapatkannya lewat APBN," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kaltim HM Yadi Robyan Noor, Sabtu (19/6/2021).

BPUM dialokasikan pemerintah untuk membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang terdampak pandemi Covid-19.

Di Kaltim sendiri terdapat tidak kurang dari 309.000 UMKM.

Sementara pandemi Covid-19 berdampak signifikan terhadap sekitar 60 persen UMKM.

"Target kita membantu 60 persen UMKM terdampak Covid-19 ini agar tetap survive," imbuh Roby.

Kalkulasi awal 60 persen dari 309.000 UMKM yang terdampak pandemi adalah 165.000 UMKM.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved