Berita Kukar Terkini

Sering Dilanda Banjir, Lapangan Bola di Tanjung Batu Kukar Disulap Jadi Lahan Pertanian Potensial

Sebuah lapangan sepak bola di Desa Tanjung Batu, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), tak berfungsi maksimal karena ker

Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI
Bupati Kukar Edi Damansyah saat panen tomat di Desa Tanjung Batu, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara. TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Sebuah lapangan sepak bola di Desa Tanjung Batu, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), tak berfungsi maksimal karena kerap diterjang banjir.

Atas inisiatif warga, lapangan bola tersebut dialihfungsikan menjadi lahan pertanian potensial.

Warga menanam tomat dan cabai di atas lahan tersebut dan membuah hasil panen.  

Bupati Kukar Edi Damansyah sendiri mengapresiasi keberhasilan warga Tanjung Batu dalam memanfaatkan lapangan sepak bola menjadi lahan pertanian.

Edi Damansyah bersama Tim Penilai Lomba Binter TNI AD sempat panen tomat di Desa Tanjung Batu Kecamatan Tenggarong Seberang, Selasa (31/8/2021) lalu.

Baca juga: Penilaian Binter di Desa Tanjung Batu Sebagai Kawasan Pangan Nasional di Kukar

Edi Damansyah menjelaskan, awalnya kebun ini akan dijadikan lapangan sepak bola, karena sering banjir dialihkan menjadi lahan pertanian dengan varietas tanaman cabe besar, cabe keriting, dan tomat.

Edi juga merasa bangga Desa Tanjung Batu ditetapkan sebagai Desa Mandiri Komplek Desa Hijau.

“Àpa yang dilakukan ini searah dengan prioritas pemerintah daerah Kukar,” ungkapnya dalam rilis prokom setkab Kukar.
 

Menurut Edi, pembangunan pertanian berbasis kawasan, tentunya lebih awal apa yang sudah dilakukan ini akan didorong untuk beberapa desa yang ada di Kukar.

Pemda Kukar telah menetapkan lima titik kawasan strategis pertanian di Kukar yang sudah dilibatkan termasuk Tenggarong Seberang Sebulu, Muara Kaman, Marang Kayu, Anggana, Loa Kulu, Loa Janan dan Samboja bagian dari lima kawasan yang ditetapkan.

Baca juga: Dandim 0906/Tgr Optimistis Keberlanjutan Pengembangan Pangan di Tanjung Batu Kukar Terus Terjaga

 
Edi Damansyah mengemukakan, secara sistem ini sudah berjalan, sehingga nanti bagimana pola pengembangannya, infrastukturnya, sarana dan prasana yang menjadi kebutuhannya.

Ini menjadi luar biasa dan menjadi suatu harapan bagi masyarakat Desa Tanjung Batu dan sekitarnya, apa yang sudah dikerjakan ini tetap berkelanjutan dan kontinyu.

"Saya inginkan kawasan di sini menjadi hijau semua dan pemda akan support semua karena program kami ada 120 kilo jalan usaha tani, 120 embung pada titik kawasan yang akan disinergikan pada kawasan ini, berapa nanti kebutuhan infrastruktur jalur usaha tani dan saluran irigasi," ucapnya.(*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved