Breaking News:

Berita Tenggarong Terkini

Dewan Pers Sebut Kaltim Peringkat Ketiga Soal Kemerdekaan Pers, Begini Penjelasan Hendry Ch Bangun

Dewan Pers menegaskan Kalimantan Timur (Kaltim) menduduki posisi ketiga kategori kemerdekaan persnya. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Dewan Pers, Hen

Penulis: Aris Joni | Editor: Rahmad Taufiq
HO/TRIBUNKALTIM.CO
Wakil Ketua Dewan Pers, Hemdry Ch Bangun berfoto bersama Ketua DPRD Kukar, Abdul Rasid. HO/TRIBUNKALTIM.CO 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Dewan Pers menegaskan Kalimantan Timur (Kaltim) menduduki posisi ketiga kategori kemerdekaan persnya.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Ch Bangun saat menerima kunjungan dari Ketua DPRD Kukar, Abdul Rasid di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Selasa (23/11/2021).

"Semua pihak kan harus membantu agar kemerdekaan pers itu bisa tegak, gitu ya," ujarnya.

Dia mengemukakan, kemerdekaan pers yang tegak itu artinya apa, pers dapat bekerja secara maksimal apabila seluruh pemangku kepentingan membantu, seperti masyarakat, pemerintah, organisasi, hingga swasta.

"Kunjungan kali ini bagi kami juga penting, karena kami bisa menyampaikan berbagai hal mengenai kemerdekaan pers," ungkapnya.

Baca juga: Terima Kunjungan DPRD Kukar, Dewan Pers Jelaskan soal Kode Etik dan Kondisi Media di Era Digital

Baca juga: TribunKaltim.co Nominator Penerima Anugerah Dewan Pers 2021, Publik Bisa Beri Masukan

Ia mengatakan, kebebasan pers yang ia maksud yakni, dimana eksekutif dan legislatif di daerah dapat membantu meningkatkan kapasitas wartawan.

Karena, menurut dia, wartawan yang baik dan berkualitas itu menguntungkan tidak hanya medianya, tapi yang beruntung sebetulnya masyarakatnya, pemerintahnya, dan pihak DPRD-nya.

"Karena pemberitaannya lebih akurat, bermutu, pemberitaannya itu memberi wawasan, memberi inspirasi yang membuat itu lalu berpartisipasi dalam pembangunan," kata Hendry.

Ia menegaskan, jarang orang menyadari kalau pers yang baik itu berguna justru bukan bagi pers, melainkan bagi masyarakat, pemerintahan dan semua pihak.

Bahkan, kata dia, berdasarkan survei indeks kemerdekaan pers, Kaltim menduduki peringkat ketiga dan itu, menurutnya, sudah baik.

Baca juga: Tingkat Kesejahteraan Wartawan di Kaltim Minim, Dewan Pers Minta Melapor

"Tapi memang tetap ada lah hal-hal yang barangkali masih perlu ditingkatkan, misalnya seperti kemarin itu Kaltim termasuk daerah yang pendidikan wartawannya tinggi. Tetapi kan masih banyak juga wartawan yang belum bersertifikat. Sudah tinggi tapi tetap harus ada ruang-ruang kosong yang harus kita dorong untuk meningkat," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved