Berita Samarinda Terkini

Walikota Andi Harun Jajal Mobil Listrik di Jalanan, Sambut Positif Kehadiran SPKLU di Samarinda

Walikota Samarinda, Andi Harun menjajal mobil listrik dengan berkeliling di jalan raya Samarinda.

Penulis: Hanifan Ma'ruf | Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO/HANIVAN MA'RUF
Walikota Samarinda, Andi Harun menjajal kendaraan mobil listrik di jalanan kota Samarinda, pada saat peluncuran Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Samarinda, Rabu (26/1/2022). TRIBUNKALTIM.CO/HANIVAN MA'RUF 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Walikota Samarinda, Andi Harun menjajal mobil listrik dengan berkeliling di jalan raya Samarinda.

Orang nomor satu di Kota Tepian itu mengemudikan sendiri mobil dengan merk "Kona" dalam acara peluncuran Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kota Samarinda, Rabu (26/1/2022).

Bersama rombongan, Andi Harun memimpin konvoi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang terdiri dari empat unit mobil listrik dan belasan kendaraan roda dua serta skuter listrik mengaspal di jalan raya dari kantor PLN UP3 Samarinda.

Menyusuri Jalan Gajah Mada dan Slamet Riyadi sekitar 20 menit, rombongan kembali ke PLN UP3 pangkalan pengisian kendaraan listrik tersebut berada dan diresmikan oleh walikota pada hari yang sama.

Usai turun dari mobil listrik tersebut, Andi Harun mengungkapkan bahwa mobil yang dikemudikannya cukup nyaman dikendarai.

Baca juga: KPK Buka Penyelidikan Dugaan Korupsi Proyek Mobil Listrik Formula E di Jakarta

Baca juga: Jika IKN di Kaltim Pakai Mobil Listrik, Rektor ITS: Teknologi Populer Dalam 10 Tahun Mendatang

Baca juga: Menperin Undang Hyundai Motor Buat Akademi dan Bangun Pabrik Mobil Listrik di Indonesia

"Suspensinya bagus, suaranya hampir tidak ada, serta cukup elegan," ujarnya mengungkapkan testimoni berkendara dengan kendaraan berbahan bakar listrik tersebut.

Sebelumnya Andi Harun bersama Kapolresta Samarinda, dan Kepala Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Timur meresmikan SPKLU sebagai tempat pengisian kendaraan listrik di Samarinda, yang juga merupakan SPKLU kedua di Kaltim setelah Balikpapan.

Ia menyambut baik keberadaan SPKLU di kantor PLN UP3 Samarinda jalan Gajah Mada itu yang merupakan terobosan berkendara untuk mendukung kota Samarinda yang bebas polusi dan ramah lingkungan.

"Kita menyambut positif, karena memang kita berkampanye Climate Change dan Zero UC, sekarang semua diarahkan ke pembangunan yang berkelanjutan, oleh sebab itu saya merasa bangga di Samarinda sudah ada stasiun pengisian listrik," ungkapnya.

Andi Harun juga akan mengupayakan untuk memperluas kampanye penggunaan kendaraan listrik ini di kalangan masyarakat dengan kemungkinan penggunaan kendaraan berbasis listrik di lingkungan pemerintah kota Samarinda.

Baca juga: Update Formula E Jakarta, Lokasi Batal di Monas, Jadwal Balapan Mobil Listrik Andalan Anies Baswedan

Mengingat kendaraan listrik masih menjadi barang baru di Samarinda yang penggunaannya masih terbatas.

"Bertahap kita akan mulai juga dari Pemkot, agar juga bisa memberi contoh ke masyarakat dengan menggunakan mobil listrik ini, kita akan kaji dan saya pastikan ke depan kita juga akan memakai mobil listrik," sebutnya.

Usai persemian, Ia berkesempatan melihat cara pengisian bahan bakar listrik ke kendaraan melalui SPKLU yang dijelaskan oleh pihak PLN, serta juga mencoba langsung praktik pengisian listrik di mobil yang ia kendarai.

Ada tiga unit SPKLU yang berada di kantor PLN UP3 Samarinda yang bisa digunakan untuk mengisi kendaraan berbahan bakar listrik secara umum.

Walikota berharap perkembangan kendaraan listrik ini bisa semakin pesat di Samarinda, karena penggunaan KBLBB yang ramah lingkungan dan bebas dari polusi juga berperan menciptakan udara yang bersih serta nyaman di kota Samarinda.

"Kita pada akhirnya memiliki kualitas udara yang baik, memang sekarang karena baru jadi harganya relatif lebih mahal dari kendaraan biasa, tetapi kualitas dan sisi teknisnya juga lebih baik," tukasnya.

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved