Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Ngapeh Hambat Bersama Bupati dan Prof Eko Prasojo, Birokrasi dan ASN Kunci Keberhasilan Kukar Idaman

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kembali menggelar Ngapeh Hambat (obrolan pagi) bertema "Birokrasi dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kunci

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Bupati Edi Damansyah saat memimpin Ngapeh Hambat atau obrolan pagi bertemakan "Birokrasi dan ASN Kunci Keberhasilan Kukar Idaman" yang dihadiri Prof Dr Eko Prasojo. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kembali menggelar Ngapeh Hambat (obrolan pagi) bertema "Birokrasi dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kunci Keberhasilan Kukar Idaman" di Ruang Serbaguna Kantor Bupati, pekan tadi.

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual tersebut dipimpin oleh Bupati Kukar Edi Damansyah, bersama Sekda Kukar H Sunggono, Asisten II Wiyono, Asisten III Totok Heru Subroto, diikuti Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kukar, perwakilan Tim Gugus Tugas Kukar Idaman.

Acara itu dirangkai dengan Kuliah Umum oleh Prof Dr Eko Prasojo dari Universitas Indonesia dengan materi Akselerasi Reformasi Birokrasi di Pemerintah Daerah.

Baca juga: Kukar Lampaui Target Nasional untuk Kontribusi PDN dan UMKM, Sekda Sunggono Ikuti Business Matching

Edi Damansyah dalam sambutannya mengatakan, Kukar pada 2012 tidak termasuk dalam daerah yang ditetapkan sebagai pilot project reformasi birokrasi sebagaimana Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB) Nomor 30 Tahun 2012.

Namun, Bupati Kukar kala itu, Rita Widyasari ditunjuk sebagai salah satu bupati yang menjadi peserta pelatihan Transforming Leaders in Indonesia di Harvard Kennedy School bersama 18 kepala daerah kabupaten/kota lainnya.

Reformasi birokrasi di Kukar, menurut Edi Damansyah, diluncurkan oleh Prof Dr Eko Prasojo selaku Wakil MenPAN-RB pada tanggal 20 Desember 2013.

Di mana Prof Eko Prasojo memberikan dukungan penuh terhadap proses perubahan birokrasi di Kukar.

"Itu merupakan langkah awal dimulainya pelaksanaan reformasi birokrasi yang lebih sistematis, terstruktur dan terukur," ucap Edi.

Baca juga: PGRI Jadikan Kukar Pusat Ekosistem Pendidikan, Bupati Siapkan Lahan 13 Hektare

Kurang lebih sembilan tahun pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Kukar, banyak perubahan dan perbaikan birokrasi yang telah dicapai dengan berbagai prestasi, juga memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat Kukar.

Saat ini, Pemkab Kukar fokus pada pencapaian visi dan misi kepala daerah serta program Dedikasi Kukar Idaman (Inovatif, ber-Daya Saing dan Mandiri), sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2021 tentang RPJMD Tahun 2021-2026.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved