Berita Berau Terkini

Disdukcapil Berau Bentuk Petugas Register Online Inovasi Pencatatan Adminduk

i Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), terus berusaha mempermudah proses pencatatan administrasi kependudukan (Adminduk)

TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI PENGESTI
Kepala Disdukcapil Berau, David Pamuji.TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI PENGESTI 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB- Pemerintah Kabupaten Berau melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), terus berusaha mempermudah proses pencatatan administrasi kependudukan (Adminduk) kepada masyarakat.

Dengan membentuk petugas register online di setiap kampung dan lembaga.

Kepala Disdukcapil Berau, David Pamuji menjelaskan, pihaknya telah meluncurkan berbagai inovasi untuk menjangkau masyarakat hingga ke pelosok daerah dalam pencatatan adminduk.

Salah satunya dengan membentuk petugas register online.

Adapun permasalahan yang dihadapi masyarakat yakni jauhnya akses masyarakat menuju kantor Disdukcapil Berau, serta masih terdapat beberapa kampung yang belum memiliki jaringan telekomunikasi.

Baca juga: Disdukcapil Berau Laksanakan Bimtek untuk Petugas, Warga Bisa Registrasi Kependudukan Online

Baca juga: Disdukcapil Berau Sebut Kesadaran Warga Bikin Akta Kematian Masih Rendah

Baca juga: Disdukcapil Berau Akan Susun SE Bupati Terkait Pencatatan Nama Dalam KTP

"Selain akses yang jauh, terlebih tidak ada sinyal di kampung membuat masyarakat menjadi kesulitan, beberapa kampung hanya bisa mengakses jaringan internet melalui kantor kepala kampung," jelasnya Selasa (9/8/2022).

Berdasarkan persoalan tersebut, pihaknya bekerjasama dengan pemerintah kampung agar masyarakat yang tidak memiliki sinyal internet bisa datang ke kantor kampung untuk mendapat pelayanan adminduk.

Melalui petugas register online yang tersedia di semua kampung.

"Target mami kerjasama ini terjalin di 100 kampung yang ada. Namun memang masih ada beberapa kampung yang belum bisa menunjuk petugas register online," tandasnya.

Petugas register online juga diperluas hingga ke sekolah. Membantu para pelajar mendapatkan layanan kependudukan dari sekolah tanpa harus ke kantor Disdukcapil Berau. Saat ini sudah ada beberapa sekolah yang bekerja sama.

"Rencananya akan kami perluas lagi hingga ke paguyuban-paguyuban hingga organisasi masyarakat (Ormas) dan partai politik (Perpol)," bebernya.

Selain itu, pihaknya juga berinovasi dan bekerja sama dengan kecamatan. Mereka menghadirkan layanan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di kantor kecamatan.

Sehingga, masyarakat yang belum memiliki KTP-el dan belum melakukan perekaman bisa dilakukan di kantor kecamatan.

Baca juga: Sempat Ditutup, Kini Kantor Disdukcapil Berau Kembali Layani Masyarakat

"Saat ini baru lima kecamatan. Harapannya semua kecamatan bisa tersedia perekaman KTP-el," ungkapnya.

Sehingga semua lini diharapkan mampu bekerja sama dalam memberikan pelayanan adminduk kepada masyarakat. Tersebat hingga ke tingkat kampung-kampung. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved