Berita Nasional Terkini

Kini Tersangka Kasus Brigadir J, Profil dan Hubungan Ferdy Sambo dengan Kasus Laskar FPI di Km 50

Kini Irjen Ferdy Sambo adalah tersangka kasus pembunuhan Brigadir J. Simak profil dan kaitan Ferdy Sambo dengan kasus Laskar FPI di Km 50.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Kadiv Propam non aktif Irjen Pol Ferdy Sambo tiba di gedung Bareskrim Polri untuk menjalani pemeriksaan di Jakarta, Kamis (4/8/2022) lalu. Kini Irjen Ferdy Sambo adalah tersangka kasus pembunuhan Brigadir J. Simak profil dan kaitan Ferdy Sambo dengan kasus Laskar FPI di Km 50. 

TRIBUNKALTIM.CO - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo secara resmi telah mengumumkan Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan Brigadir J alias Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat, Selasa (9/8/2022).

Siapa Ferdy Sambo yang sebelumnya menjabat sebagai Kadiv Propam Polri, simak profil lengkapnya.

Selain kasus Brigadir J, nama Ferdy Sambo juga banyak disebut terkait dengan kasus Km 50 yang menewaskan 6 anggota Laskar FPI.

Apa kaitan Ferdy Sambo dengan kasus Km 50

Dalam kasus pembunuhan Brigadir J ini, Ferdy Sambo dijerat pasal 340 subsider pasal 338 jo pasal 55 dan pasal 56 tentang pembunuhan berencana.

Pasal yang disangkakan pada Ferdy Sambo ini sama dengan dua anak buahnya berinisial Brigadir RR alias Ricky Rizal dan KM yang juga ditetapkan sebagai tersangka.

Kabareskrim Polri, Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan, "Ancaman hukuman penjara maksimal 20 tahun atau pidana mati." 

Keterlibatan Ferdy Sambo dalam pembunuhan Brigadir J ini kemudian membuat masyarakat mengaitkan mantan Kadiv Propam Polri ini dengan kasus Km 50 yang menewaskan 6 anggota Laskar FPI tersebut. 

Baca juga: Resmi Tersangka, Dua Peran Ferdy Sambo dalam Pembunuhan Brigadir J, Kapolri: tak Ada Tembak Menembak

Diketahui, saat kasus Km 50 ini terjadi, Irjen Ferdy Sambo masih menjabat sebagai Kadiv Propam yang menangani kasus tersebut.

Baru setelah kasus Brigadir J ini mencuat, Ferdy Sambo baru dimutasi menjadi Pati Yanma Polri baru-baru ini. 

Kasus Km 50 masih dalam penanganan Ferdy Sambo, ketika itu ia mengerahkan 30 anggota Tim Propam untuk mengungkap kasus tersebut.

Menurut Ferdy Sambo ketika itu, keterlibatan Divisi Proram dalam kasus ditembaknya enam anggota laskar FPI bukan karena indikasi pelanggaran.

Ferdy Sambo mengatakan, Divisi Propam bertugas memeriksa penggunaan kekuatan sudah sesuai Perkap atau belum.

Tugas Irjen Ferdy Sambo dalam Kasus KM 50

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved