Berita Pemkab Mahakam Ulu

Percepat Pembangunan Infrastruktur di Mahulu, Bupati Sambangi Legislator Senayan dan Kemenhub

Bupati Bonifasius Belawan Geh audiensi dengan anggota Komisi V DPR RI dapil Kaltim Irwan membahas percepatan pembangunan infrastruktur di Mahulu.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Mahulu
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh didampingi Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, Sekretaris Daerah Mahulu Stephanus Madang, dan Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Mahulu saat audiensi dengan anggota Komisi V DPR RI dari perwakilan Kaltim Irwan di Gedung Nusantara 1. lantai 9 Ruang Fraksi Demokrat DPR RI, Rabu (24/8/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E. melakukan audiensi dengan anggota Komisi V DPR RI dari perwakilan Kalimantan Timur (Kaltim) Dr. H. Irwan, S.IP., M.P. di Gedung Nusantara 1, lantai 9 Ruang Fraksi Demokrat DPR RI, Rabu (24/8/2022).

Pertemuan ini dalam rangka membahas berbagai upaya percepatan, sinkronisasi program dari tingkat kabupaten, provinsi hingga pemerintah pusat.

Terutama berkaitan dengan pembangunan infrastruktur dasar di antaranya percepatan penetapan penlok Bandar Udara Ujoh Bilang, 3 perencanaan pembangunan jembatan gantung di wilayah Mahulu, Pembangunan Water Treatment Plan (WTP) Kabupaten Mahulu.

Baca juga: Aparatur Pemerintah Kampung Se-Mahulu Ikut Bimtek Implementasi Aplikasi Siskeudes dan Sipades Online

Pertemuan ini juga merupakan rangkaian kerja bupati untuk memperoleh dukungan dari pemangku kebijakan di pusat dan juga dari legislator Senayan, terutama anggota DPR RI yang berasal dari dapil Kaltim.

Kali ini mengujungi Anggota Komisi V DPR RI Dr. H. Irwan, S.IP., MP dan Ditjen Perhubungan Uadara Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Bupati Mahulu menjelaskan, kedatangan tim dari Pemkab Mahulu, ingin meminta dukungan dari anggota Komisi V DPR RI Dr. H. Irwan beberapa usulan program yang sangat urgent perlu perhatian dan dukungan dari pusat, terutama dalam segi pendanaan.

"Yang perlu segera didorong adalah usulan penetapan lokasi bandara dari menteri perhubungan, selanjutnya usulan 3 perencanaan pembangunan jembatan gantung dan Pembangunan Water Treatment Plan (WTP) Kabupaten Mahulu,"ungkap Bupati.

Bupati melanjutkan, untuk bandar udara dari 21 tahapan yang sudah selesai 20 tahapan tinggal 1 tahapan lagi, yaitu Penetapan Lokasi (Penlok) oleh Kemenhub RI, dan pada 31 Maret 2022 Pemkab Mahulu juga sudah bertemu Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), namun sampai sekarang Penlok tersebut belum juga ditetapkan oleh Kemenhub.

"Kemudian yang tidak kalah penting adalah dukungan percepatan pembangunan WTP (air bersih). Saat ini belum ada di Kabupaten Mahulu. Masyarakat mahulu masih mengambil air untuk keperluan sehari-hari langsung dari Sungai Mahakam, yang belum terjamin higienitasnya," ucap Bupati.

Baca juga: Sukses Kelola 10 Hektare Lahan Wujudkan Swasembada Pangan, Bupati Mahulu Siapkan Reward bagi Kampung

Menanggapi hal tersebut wakil rakyat Dr. H. Irwan menyatakan apresiasinya kepada Pemkab Mahulu yang dipimpin oleh Bupati Bonifasius karena sudah kesekian kalinya melakukan pertemuan memperjuangkan usulan-usulan program pembangunan yang dibutuhkan oleh Kabupaten Mahulu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved