Berita Berau Terkini

Kantor Imigrasi Tanjung Redeb Masih Menunggu Juklak, Terkait Masa Berlaku Paspor Menjadi 10 Tahun

Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memperpanjang masa berlaku paspor menjadi 10 tahun dari yang semula hanya 5 tahun masa berlaku.

Penulis: Renata Andini Pengesti | Editor: Aris
HO/IMIGRASI TANJUNG REDEB
Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Tanjung Redeb, Misnan. (HO/IMIGRASI TANJUNG REDEB) 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB – Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memperpanjang masa berlaku paspor menjadi 10 tahun dari yang semula hanya 5 tahun masa berlaku.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Imigrasi Kelas III Non TPI Tanjung Redeb, Misnan. Dijelaskan Minsnan, bahwa beberapa waktu memang Kemenkumham telah membuat aturan baru terkait masa berlaku paspor.

Penambahan masa berlaku paspor tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 18 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 8 Tahun 2014 tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor.

Baca juga: Ketua DPRD Berau Sarankan Siswa SMA 4 yang Berada di Tanjung Redeb Untuk Daring

Akan tetapi, menurutnya sampai saat ini Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) belum ada.

“Memang sudah ada, tetapi kita belum diberi Juklak atau regulasinya seperti apa dalam penambahan masa berlaku paspor,” ujarnya kepada Tribunkaltim.co, Selasa (4/10/2022).

Menurutnya, Juklak yang dimaksud adalah apakah nanti akan ada penambahan halaman dalam paspor atau akan ada paspor yang baru itu yang belum ada regulasinya.

“Seluruh Indonesia belum diterapkan, tetapi memang regulasi itu sudah ada, sehingga kita masih menunggu Juklak tersebut,” katanya.

Baca juga: Anies Baswedan Capres 2024, Ketua Nasdem Berau Agus Tantomo: Kami Dukung Keputusan Pusat

Sehingga dengan adanya hal ini menurutnya untuk pembuatan paspor masih menggunakan masa berlaku yang lama yaitu lima tahun masa berlaku sampai menunggu Juklak yang akan diberikan oleh Kemenkumham nantinya.

“Tetapi masih menggunakan mekanisme yang lama dan masa berlaku juga hanya lima tahun, dan kita belum bisa membuat regulasi untuk penambahan masa berlaku paspor,” ujarnya.

Dengan begitu ia juga meminta kepada masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Berau agar tidak lagi mempertanyakan tentang regulasi penambahan masa berlaku paspor tersebut.

Baca juga: Bagaimana Cuaca Hari Ini Berau, Selasa 4 Oktober 2022, Berpotensi Cerah Merata

Pasalnya, sampai saat ini pihaknya juga masih menunggu regulasi tersebut.

“Karena memang banyak yang mempertanyakan tentang penambahan masa berlaku Paspor itu, tetapi kita juga masih menunggu Juklak,” tandasnya. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved