Ibu Kota Negara

Saran Faisal Basri Proyek Ibu Kota Negara Dihentikan Dulu, Tak Ada Guna SDM Terjangkit Virus Corona

Pandemi Virus Corona atau virus Covid-19 memberi persoalan baru yang harus dihadapi negara Indonesia.

Dok Tribunnews.com
Faisal Basri 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Pandemi Virus Corona atau virus Covid-19 memberi persoalan baru yang harus dihadapi negara Indonesia

Wabah Virus Corona sudah mendera ke berbagai negara, termasuk negara Indonesia sudah ada banyak yang positif virus Covid-19

Seorang ekonom punya pandangan sikapi wabah Virus Corona ini. Negara harus tunjukkan kepeduilan kepada warga masyarakat ekonomi lemah. Soal rencana pemindahan Ibu Kota Negara pun patut dievaluasi. 

Kebijakan negara harus bisa diutamakan ke penuntasan wabah Virus Corona ini. 

Ekonom Faisal Basri memberi saran ke pemerintahan untuk mengutamakan menjaga masyarakat tidak mampu, karena rentan terhadap penyebaran Virus Corona atau virus Covid-19.

Menurutnya, pemerintah mesti melindungi mereka dengan bantuan kebijakan agar tetap mampu bertahan hidup di tengah kesulitan saat ini.

BACA JUGA:

 Geger Info PDP Covid-19 Kabur, Walikota Rizal Effendi: Pemkot Balikpapan Masih Pastikan Statusnya

 UPDATE Virus Corona di Balikpapan, 2 Ribu Set Alat Pelindung Diri Mendarat di Base Ops Lanud Dhomber

"Prosesnya sudah tepat, pemerintah tambah saldo kartu sembako Rp 50 ribu. Kementerian Keuangan saya respect dari setiap kebijakan," ujarnya saat teleconference di Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Kemenkeu, lanjut Faisal, lebih siap dengan kucuran dana yang tidak terbatas untuk melindungi masyarakat kecil, namun ada yang kurang yakni sensitivitas terhadap potensi krisis.

 Dana yang digelontorkan pemerintah untuk mengatasi Virus Corona berakibat ke menurunnya kas dan penerimaan negara, sehingga proyek bernilai besar harus dievaluasi.

"Kurang sense of crisis yang tinggi, dana kurang, penerimaan pajak turun. Bukan hanya pangkas perjalanan dinas, tapi proyek pembangunan Ibu Kota baru hentikan dulu 5 tahun kedepan," katanya.

Ia menambahkan, tidak ada gunanya pembangunan Ibu Kota Negara yang baru jika banyak sumber daya manusia terjangkit Virus Corona.

"Pembangunan manusia sangat penting. Apa artinya Ibu Kota he,bat, tapi masyarakatnya rentan," pungkas Faisal.

BACA JUGA:

 Amerika Serikat Berpotensi Jadi Pusat Penyebaran Wabah Virus Corona, Kasus Baru Berasal dari Eropa

 Pesan Rektor ITK Balikpapan, Seluruh Civitas Akademika tak Aktivitas di Luar Rumah & Pusat Keramaian

 Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Faisal Basri: Masyarakat Rentan Corona, Proyek Ibu Kota Baru Hentikan Dulu, https://www.tribunnews.com/bisnis/2020/03/27/faisal-basri-masyarakat-rentan-corona-proyek-ibu-kota-baru-hentikan-dulu.

Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved