Breaking News:

Pilkada Balikpapan

Calon yang Didukung tak Lolos, Partai Nasdem Tetap Bentuk Tim Pengawasan Pilkada Balikpapan

Pelaksanaan Pilkada serentak tahun ini di Kota Balikpapan nampak berbeda dari Pilkada tahun sebelumnya.

TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL
Ketua DPD Partai Nasdem kota Balikpapan, Rizal Effendi ikut hadir dalam konferensi pers, Selasa (15/9/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pelaksanaan Pilkada serentak tahun ini di Kota Balikpapan nampak berbeda dari Pilkada tahun sebelumnya.

Pasalnya, pada Pilkada kali ini hanya ada satu pasangan calon saja yang dinyatakan lolos dan memenuhi persyaratan sebagi Calon Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan.

Paslon tunggal tersebut adalah Rahmad Masud dan Thohari Aziz, mereka didukung 8 partai politik yang mengantongi 40 kursi.

Ke delapan parpol tersebut di antaranya, Partai Golkar, PDIP, PKB, Gerindra, PKS, Perindo, PPP, dan Partai Demokrat.

Sementara paslon lain, salah satunya Ahmad Basir atau AHB dari Partai Nasdem dipastikan gagal maju lantaran tidak memenuhi persyaratan jumlah kursi dari koalisi partai pendukung.

Untuk memastikan terselenggaranya demokrasi politik yang adil dan transparan, pihak DPD Partai Nasdem menegaskan akan memantau proses pemilu di Kota Balikpapan.

Bahkan Ketua DPD Partai Nasdem kota Balikpapan, Rizal Effendi mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya segera membentuk tim khusus pengawasan Pilkada Balikpapan.

"Kita menganggap peserta Pilkada kita tahun ini bukan satu tetapi dua. Oleh karena itu kita mengingatkan kepada seluruh masyarakat termasuk KPU sebagai penyelenggara Pilkada dan Bawaslu agar tetap menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

Kita juga akan tetap membentuk tim untuk memonitor dan mengawasi pelaksanaan Pilkada," kata Rizal Effendi, Selasa (15/9/2020).

Tim pengawas Pilkada yang akan dibentuk oleh Rizal Effendi tersebut nantinya dari tim pemenangan dan pendukung AHB serta dari jajaran partai koalisi lainnya.

Baca juga: Bakal Calon Rahmad Masud di Pilkada Balikpapan Melawan Kotak Kosong, Sang Kakak Kandung Angkat Suara

Baca juga: Gubernur Sumut Izin Isolasi & Tutup Akses 1 Pulau Karena Covid-19, Luhut: Saya Akan Telepon Pak Edy!

Lebih lanjut, Rizal Effendi menuturkan perjuangannya belum berakhir dan masih ada kesempatan dan ruang politik pada Pilkada berikutnya.

Walikota Balikpapan itu mengatakan komitmennya untuk tetap mendukung dan mengusung Ahmad Basir sebagai Calon Walikota Balikpapan periode selanjutnya.

"Kita tetap sepakat pak AHB menjadi pilihan kita, mudah-mudahan seperti yang kita katakan di awal tadi bahwa perjuangan tidak berakhir sampai di sini saja, tetapi masih banyak kesempatan dan masih tetap berjuang sesuai tekad kita dari awal bahwa perjuangan ini pada saatnya akan berhasil," ucapnya. (TribunKaltim.co/Zainul Marsyafi)

Penulis: Zainul
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved