Breaking News:

Proses Hukum Kasus Pungli Mantan Camat Segah Berau, Jaksa Sebut Terdakwa Ajukan Eksepsi

Proses hukum perkara kasus pungutan liar ( pungli) pembebasan lahan di Kecamatan Segah, dengan terdakwa mantan Camat Camat berinisial EEH (55)

TRIBUNKALTIM.CO/IKBAL NURKARIM
Kasi Pidsus Kejari Berau Mosesz Rahat Reguna.TRIBUNKALTIM.CO/IKBAL NURKARIM 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Proses hukum perkara kasus pungutan liar ( pungli) pembebasan lahan di Kecamatan Segah, dengan terdakwa mantan  camat berinisial EEH (55) dan penyelenggara negara TM (47) masih terus bergulir di proses persidangan, Rabu (24/11/2020).

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejaksaan Negeri Berau, Mosezs Sahat Reguna mengatakan, dalam persidangan beberapa waktu lalu, terdakwa bersama dengan penasehat hukumnya, mengajukan eksepsi atau penolakan atau keberatan yang disampaikan oleh seorang terdakwa, disertai dengan alasan-alasan, kepada hakim.

"Kita juga meminta waktu satu minggu kepada hakim untuk memberikan tanggapan atas eksepsi tersebut," kata Mosezs ke TribunKaltim.Co.

Baca Juga: NEWS VIDEO Polda Kalimantan Utara Usut 8 Kasus Korupsi, Ada Dugaan Pungli Hingga Dana Desa

Baca Juga: Digaji Rp 2 Juta Perbulan, Jukir Honor di Tarakan Masih Lakukan Pungli, Terbukti Ini Sanksinya

Baca Juga: Polda Kaltara Usut 8 Kasus Korupsi, Mulai Dugaan Pungli Hingga Penyelewengan Dana Desa

Kesi Pidsus Kejari Berau itu menegaskan, pada intinya para terdakwa keberatan atas dakwaan yang ajukan jaksa penuntut.

Namun Mosezs memastikan, sesuai dengan kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), eksepsi yang diajukan oleh terdakwa dan penasehat hukumnya itu tidak sesuai konteks.

"Karena yang namanya eksepsi itu sah atau tidaknya adalah kewenangan pengadilan cermat atau tidaknya dalam penyusunan dakwaan," pungkasnya.

"Tapi yang diajukan keberatan oleh penasehat hukum terdakwa itu sudah masuk ke dalam materi pokok perkara, yang prosesnya setelah pembuktian saksi, pemeriksaan surat terdakwa segala macam, dan itu baru ketahuan," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Ikbal Nurkarim
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved