Breaking News:

Berita Kubar Terkini

Tim Penyidik Kejari Obok-Obok Kantor Disdikbud dan DPMPTSP Kubar, Bawa 3 Dus Berkas

Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Barat mendadak digeledah tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Kutai Barat pada Se

Penulis: Zainul | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL MARSYAFI
Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Kutai Barat menggeledah Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten (Disdikbud) Kubar pada Selasa (21/9/2021). TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL MARSYAFI 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Barat mendadak digeledah tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Kutai Barat pada Selasa (21/9/2021).

Penggeledahan dilakukan sekira pukul 14.30 WITA ini berdasarkan surat perintah penggeledahan dan penyitaan dari Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Kutai Barat (Kubar). 

Tim Penyidik dipimpin Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Kubar Iswan Noor, Kasi Intel Ricki Rionart Panggabean, serta sejumlah staf langsung memasuki kantor Disdikbud.

Setibanya di kantor Disdikbud, tim Penyidik langsung menyodorkan surat permohonan penggeledahan kepada Kepala Dinas.

"Kami mohon izin mau lakukan penggeledahan terkait pengadaan seragam anak sekolah tahun 2018. Sesuai dengan surat izin dari Pengadilan Negeri Kutai Barat untuk melakukan penggeledahan di kantor bapak," ujar Iswan Noor.

Baca juga: Vonis 4 Terdakwa Kasus Korupsi DD Kampung Dasaq Kubar Diniliai Terlalu Rendah, JPU Ajukan Banding

Baca juga: Dugaan Korupsi di Perusda SMS Kubar Rugikan Negara Rp 1,2 Miliar

Baca juga: Dugaan Korupsi Dana Penyertaan Modal Perusda Kubar Rp 1,2 Miliar, Terdakwa Dituntut 9 Tahun

Selanjutnya, tim melakukan pemeriksaan dan penyitaan beberapa dokumen yang berkaitan dengan pengadaan seragam sekolah tahun 2018.

Iswan Noor mengatakan penggeledahan dan penyitaan barang bukti tersebut terkait dengan kasus dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) kegiatan pengadaan seragam sekolah. 

"Yang terjadi di Disdikbud Kubar pada tahun anggaran 2018 silam yang kisaran nilainya mencapai Rp 5 miliar. Di mana saat ini kasus tersebut sudah naik ke tahap penyidikan dan sudah dilakukan pemeriksaan saksi-saksi," ujarnya. 

Tidak hanya di Disdikbud Kubar, tim Penyidik Kejari juga melakukan penggeledahan dan penyitaan barang bukti di Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kubar, Di mana beberapa berkas terkait pengeluaran izin pihak ketiga, yang terkait kegiatan tersebut ikut disita oleh pihak Kejari Kubar

Sekitar pukul 15.25 WITA, mereka memasuki kantor DPM-PTSP Kubar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved