Breaking News:

Berita Berau Terkini

Kawasan Kumuh di Kabupaten Berau Tersisa Satu Hektar, Target Rampung di 2022 Mendatang

Dinas Perkim Berau mencatat, saat ini kawasan kumuh tersisa sati hektar dari total sebelumnya di tahun 2017 yakni seluas 185 hektar.

TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Berau, Yudi Artangali.TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEBDinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Berau mencatat, saat ini kawasan kumuh tersisa sati hektar dari total sebelumnya di tahun 2017 yakni seluas 185 hektar.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Berau, Yudi Artangali menargetkan pada tahun 2022 mendatang Bumi Batiwakkal terbebas dari kawasan permukiman kumuh.

“Satu hektar itu tidak terpusat di satu titik, tetapi terbagi dalam beberapa lokasi di Kecamatan, seperti Sambaliung, Gunung Tabur dan Teluk Bayur,” jelasnya kepada TribunKaltim.Co, Senin (11/10/2021).

Memang kata dia, saat pertama kali pendataan 2017 lalu, Berau memiliki area seluas 184 hektare yang masuk kedalam kawasan permukiman kumuh.

Tetapi, seiring berjalannya waktu dan dilaksanakan upaya peningkatan kualitas permukiman.

Baca juga: Bupati Berau Tinjau PTM Terbatas di Kecamatan Tanjung Redeb, Harap tak Timbulkan Klaster Baru

Baca juga: Bupati Sri Juniarsih Apresiasi Serbuan Vaksinasi Tahap II TNI AU di Berau

Baca juga: Ruangan Rawat ODGJ Rumah Sakit Abdul Rivai Berau Sudah Penuh, Perlu Bangunan Baru

Pada 2020 kemarin jumlah tersebut menurun hingga menyisakan 28 hektare, dan menurun lagi di tahun 2021 hanya menyisakan satu hektar.

Terdapat tujuh tujuh indikator yang menjadi acuan penilaian dalam menentukan suatu kawasan termasuk pemukiman kumuh atau tidak.

Diantaranya, kondisi jalan lingkungan, drainase, pengelolaan sampah, kondisi rumah, sumber air bersih, sarana pemadam kebakaran, dan fasilitas sanitasi.

Ia menyebut, jika dari ketujuh indikator tersebut dinilai persentase kerusakan dan lain sebagainya, sehingga masing-masing indikator mendapatkan angka diatas 16 poin.

Maka baru bisa dikatakan satu kawasan itu dinyatakan kumuh dengan kategori kumuh ringan, sedang dan berat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved