Virus Corona di Kaltim

Belum Ada Laporan Positif Covid-19 karena Pembelajaran Tatap Muka di Kaltim

Instruksi Gubernur (Ingub) terkait penetapan PPKM level 1 di Kalimantan Timur telah terbit dan melonggarkan aktivitas masyarakat 100 persen

Penulis: Mohammad Fairoussaniy | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/HANIFAN MA'RUF
ILUSTRASI Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di Kota Samarinda dinilai masih berjalan baik. Dinas Pendidikan Kalimantan Timur belum menerima laporan kendala yang dihadapi sekolah yang menerapkan 100 persen pembelajaran tatap muka, termasuk laporan siswa yang tertular Covid-19, Rabu (15/6/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Instruksi Gubernur (Ingub) terkait penetapan PPKM level 1 di Kalimantan Timur telah terbit dan melonggarkan aktivitas masyarakat 100 persen, termasuk dalam hal pembelajaran tatap muka di dunia pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim, Anwar Sanusi juga mengatakan bahwa proses belajar mengajar atau pembelajaran tatap muka di sekolah yang ada di Kalimantan Timur juga telah bisa dilakukan 100 persen tatap muka.

"Pembelajaran tatap muka sudah 100 persen di Kaltim," sebutnya kepada TribunKaltim.co pada Rabu (15/6/2022) di Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Tidak hanya itu, pada kegiatan ujian semester dan kenaikan kelas yang dilangsungkan beberapa pekan sebelumnya juga suda dilakukan di sekolah tanpa metode daring (online).

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Bukan jadi Syarat untuk Gelar Pembelajaran Tatap Muka

Baca juga: SMP Negeri 3 Bontang Tetap Berkarya meski Pandemi Covid-19, Giatkan Literasi di Sekolah

Baca juga: Aturan Pembelajaran Tatap Muka 60 Persen Digodok Pemprov Kaltim, Melihat Kondisi Siswa

"Ujian yang dilakukan di sekolah juga tatap muka semua, ujian semester kenaikan kelas kemarin," sebutnya.

Meski diperbolehkan, namun pihak sekolah juga tegas memberlakukan protokol kesehatan (prokes) ketat agar tidak terjadi penularan Covid-19.

Masyarakat Kota Balikpapan masih tetap menggunakan masker lantaran sudah menjadi kebiasaan di masa pandemi Covid-19.
Masyarakat Kota Balikpapan masih tetap menggunakan masker lantaran sudah menjadi kebiasaan di masa pandemi Covid-19. (TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO)

Pihaknya juga belum menerima laporan kendala yang dihadapi sekolah yang menerapkan 100 persen pembelajaran tatap muka, termasuk laporan siswa yang tertular Covid-19.

Fasilitas kesehatan dan prokes yang sudah disiapkan pihak sekolah sejak lama juga mempermudah proses pembelajaran tatap muka.

Tidak ada masalah persiapan prokesnya, sekolah sudah mempersiapkan sejak lama.

Baca juga: Disdik Samarinda Belum Berani Buka Kapasitas Pembelajaran Tatap Muka 100 Persen

"Bahkan sebelum diperkenankan pembelajaran tatap muka," terang Anwar Sanusi.

"Pihak sekolah agar tidak kendor dalam penerapan prokes saat belajar mengajar," ujarnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved