Opini

Upaya Tingkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Gunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh penulis saat di kelas atau saat pembelajaran dapat disimpulkan bahwa menulis dalam Bahasa Inggris itu sulit

Editor: Rahmad Taufiq
DOK/PRIBADI
Andi Jumiati, S.Pd, Guru Bahasa Inggris SMA Negeri 1 Nunukan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh penulis saat di kelas atau saat pembelajaran dapat disimpulkan bahwa menulis dalam Bahasa Inggris itu sulit dibandingkan dengan keterampilan lainnya.

Mengapa hal tersebut terjadi? Padahal di tingkat menengah peserta didik paling tidak mampu mendengarkan, membaca, menulis kemudian berbicara.

Apakah karena banyaknya peserta didik yang tidak mendapatkan pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat dasar? Sehingga menyebabkan hal tersebut. Ataukah ada faktor lainnya?

Hal tersebut belum dapat dijawab karena fokus penulis hanya ingin berbagi model pembelajaran yang menurutnya efektif jika dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik di kelas.

Apakah keterampilan menulis akan menjadi sulit jika model pembelajaran yang digunakan bervariasi. Tidak monoton ke satu model saja.

Baca juga: SMP Negeri 3 Bontang Tetap Berkarya meski Pandemi Covid-19, Giatkan Literasi di Sekolah

Silakan dibandingkan dengan metode ceramah atau metode yang termasuk konvensional sebagai berikut dan materi yang diberikan adalah tentang teks deskriptif.

Guru selama berada di kelas memberikan penjelasan tentang deskriptif, apa itu teks deskriptif? Strukturnya? dan unsur kebahasaan serta tujuannya. Setelah itu, mungkin saja guru akan memberikan tanya jawab atau diskusi singkat

Kemudian mengajak setiap peserta didik langsung menulis tanpa diberikan pengetahuan lebih lanjut tentang teks deskriptif itu sendiri. Penulis yakin yang terjadi adalah peserta didik akan merasa kesulitan dengan hal tersebut.

Mari kita bahas lebih lanjut, bagaimana proses dari Problem Based Learning yang dapat diterapkan di dalam kelas untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik.

Problem Based Learning atau pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang tidak baru lagi di kalangan pendidik. Pada PBL guru melalui beberapa sintaks atau fase yaitu:

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved