Ibu Kota Negara

Pembangunan Skytrain di Samarinda Disinkronisasi dengan Perencanaan Transportasi di IKN Nusantara

Rencana Pembangunan skytrain di Samarinda kini memasuki fase feasibility study.

Penulis: Sarikatunnisa | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/SARIKATUNNISA
Wali Kota Samarinda, Andi Harun mengemukakan, pembangunan skytrain telah disiapkan sejak setahun yang lalu, sehingga pada 2023 telah siap untuk memasuki fase feasibility study. TRIBUNKALTIM.CO/SARIKATUNNISA 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Rencana Pembangunan skytrain di Samarinda kini memasuki fase feasibility study.

Wali Kota Samarinda, Andi Harun mengemukakan, pembangunan skytrain telah disiapkan sejak setahun yang lalu, sehingga pada 2023 telah siap untuk memasuki fase feasibility study.

Namun, ia mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda di saat yang sama harus melakukan sinkronisasi terhadap perencanaan transportasi massal di Ibu Kota Negara (IKN).

"Ada perencanaan IKN dan salah satu isi dari perencanaan di bidang transportasi dibutuhkan juga transportasi massal berbasis rel," kata Andi Harun.

"Sehingga ini juga harus kita sinkronisasi. Karena di situ dari dan menuju IKN pada daerah-daerah kota penyangga," tuturnya.

Baca juga: Skytrain akan Dibangun di Samarinda, Komisi III DPRD Beri Dukungan selama Kekuatan Finansial Memadai

Di samping itu, Pemkot Samarinda juga harus melakukan sinkronisasi terhadap rencana pengembangan Bandara APT Pranoto dari Kementerian Perhubungan.

Sebab perencanaannya juga memuat rencana transportasi massal berbasis rel dari dan menuju APT Pranoto.

"Kita telah menerima rencana pengembangan Bandara APT Pranoto dari Kementerian Perhubungan. Di dalam perencanaan itu juga ada rencana skytrain monorel atau transportasi massal berbasis rel dari dan menuju APT Pranoto," katanya.

Sehingga Pemkot pada 2023 juga akan melakukan sinkronisasi rencana pembangunan skytrain dengan perencanaan IKN dan Bandara APT Pranoto. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved