Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

TPA Bukit Pinang Akan Ditutup, Pemkot Samarinda Siapkan TPA Sementara di Kecamatan Sambutan

Keberadaan TPA tersebut di Bukit Pinang diakui oleh Walikota Samarinda, Andi Harun telah tidak layak untuk terus menerus menampung sampah

TRIBUNKALTIM.CO/HANIFAN MA'RUF
WaliKota Samarinda, Andi Harun menjelaskan akan menutup TPA Bukit Pinang pada tahun ini dan akan mengalihkan ke TPA transit di kawasan Sambutan.TRIBUNKALTIM.CO/HANIFAN MA'RUF 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kawasan Bukit Pinang di Kecamatan Samarinda Ulu, bagi warga Kota Samarinda tentu identik dikenal sebagai Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang menampung sampah-sampah dari seluruh wilayah Kota Samarinda.

Keberadaan TPA tersebut di Bukit Pinang diakui oleh Walikota Samarinda, Andi Harun telah tidak layak untuk terus menerus menampung sampah dalam jangka waktu yang lebih lama.

Maka Andi Harun dalam acara diskusi luar ruang dengan tema "Walikota dan Wakil WaliKota menyapa Samarinda" pada Kamis (10/6/2021) menegaskan akan menutup TPA Bukit Pinang pada tahun ini juga.

Baca Juga: Dana Rp 50 Miliar Khusus untuk Penanganan Bawah Jembatan Achmad Amins Samarinda

Baca Juga: Rencana Pengembangan Wisata Sungai Mahakam, Walikota Samarinda Andi Harun Tekankan Skala Prioritas

Rencana pemindahan TPA dari Bukit Pinang tersebut telah diwacanakan sejak beberapa bulan lalu kendati, hingga saat ini Pemerintah Kota Samarinda masih melakukan pengkajian dan upaya pembebasan lahan bagi lokasi TPA yang baru nantinya.

"Kami konfirmasi bahwa TPA Bukit Pinang tahun ini kita tutup karena secara strategis lokasi maupun daya dukung lingkungan sudah tidak lagi layak termasuk upaya kita menangani banjir.

SMPN 24 di Bukit Pinang itu hancur karena kelebihan kapasitas dari TPA maka akan segera kita pindahkan," ucap Andi Harun.

Baca Juga: Walikota Samarinda Ungkap Alasan Pembukaan Jembatan Achmad Amins

Baca Juga: Mengenal Profil Achmad Amins, Dijadikan Nama untuk Jembatan Mahkota II Samarinda

Halaman
12
Penulis: Hanifan Ma'ruf
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved